Pada permainan sederhana sepuluh bola, kita sudah melatih pikiran dan insting kita dengan cepat untuk menemukan cara yang sederhana, bagaimana membalikan segitiga yang sebelumnya menghadap ke bawah menjadi menghadap ke atas hanya dengan menggeser 3 (tiga) bola dari 10 (sepuluh) bola yang membentuk segitiga tersebut.
Bagi yang belum mengetahui caranya, silahkan lihat gambar berikut:
Lalu apa makna yang terkandung dalam permainan sepuluh bola tersebut ? Cobalah kita berandai-andai sejenak:
- Jika Segitiga yang menghadap ke bawah diandaikan sebagai problem yang dihadapi organisasi,
- Jika Segitiga yang menghadap ke atas diandaikan sebagai solusi bagi organisasi.
- Jika Bola-Bola yang membentuk segitiga itu diandaikan sebagai gejala (simptom) yang seringkali muncul sebagai masalah pada organsiasi.
Dalam kehidupan sehari-hari, terdakang begitu banyak gejala yang muncul dalam suatu permasalahan yang dihadapi organisasi. Penjulaan yang menurun, produk yang ketinggalan jaman, turn over karyawan tinggi, tingkat cancel oleh customer meningkat, biaya tidak terkendali, produktivitas karyawan turun dan masih banyak gejala yang muncul seringkali disikapi oleh manajemen dengan fokus pada gejalanya, namun tidak fokus pada hal-hal utama.
Sebagaimana dokter yang mengobati pasien, seharusnya kita tidak fokus pada gejala tetapi fokus pada hal-hal utama (diagnosa utama) sehingga proses penyelesaian masalah (pengobatan penyakit) menjadi efisien dan efektif. Coba bayangkan jika dokter memberikan treatment atas semua gejala yang muncul pada pasien, obat yang diberikan mungkin akan lebih banyak dan kemungkinan besar diantara obat tersebut terdapat kontraindikasi yang berakibat pada munculnya gejala baru dan bahkan dapat menimbulkan masalah (penyakit) baru bagi pasien (akibat kontraindikasi obat).
Demikian juga pada organisasi, ketika ada suatu permasalah dengan banyak gejala yang muncul, cobalah lakukan diagnosa dulu, apa masalah utama yang harus diselesaikan? Apa hal-hal utama yang menjadi fokus perhatian agar penyelesaian masalah lebih efektif, efisien serta tidak menimbulkan masalah baru. Lalu bagaimana proses diagnosa yang harus dilakukan? Menurut sudut pandang saya, diagnosa masalah dalam organisasi dilakukan dengan fokus pada 3 hal utama yaitu pada output, proses dan input. Jika sudah diketahui diagnosa utama dari 3 hal utama tersebut maka lakukan perbaikan hingga gejala-gejala lain yang muncul pada permasalahan sebelumnya hilang.
Follow me on twitter @aguspri78
No comments:
Post a Comment