Wednesday, October 26, 2011

Sudut Pandang (1)

Jika pada tulisan mindset (1), (2) dan (3) telah dibahas sekilas hal-hal mengenai positive mindset, pada tulisan kali ini saya akan membahas mengenai sudut pandang. Sudut pandang dan mindset (pola pikir) sepertinya memang beda tipis namun dalam tulisan ini saya akan membahas dari perspektif lain. Cerita berikut mungkin akan membantu kita bagaimana menemukan definisi dari sudut pandang tersebut.

Alkisah di negeri dongeng para binatang. Seekor kura-kura dalam perjalanan pulang dari pesta malam para hewan terperosok masuk ke dalam lubang yang tidak begitu dalam. Dengan sekuat tenaga kura-kura tersebut berusaha untuk melompat keluar lubang namun tidak pernah berhasil, ia berteriak minta tolong dan datanglah hewan-hewan lain yang kebetulan melihatnya. Kelinci dengan hati-hati menjulurkan telinganya yang panjang untuk dijadikan pegangan kura-kura namun tidak berhasil mengangkatnya, kemudian burung elangpun mencoba mengangkat dengan cakar kakinya namun tidak berhasil. Sampai akhirnya gajah datang dan mencoba menjulurkan belalainya namun tidak bisa masuk ke lubang tempat dimana kura-kura jatuh.

Kura-kura yang selama ini merasa tidak pernah bisa melompat tinggi dan bantuan hewan lainnya yang tidak juga membuahkan hasil membuat kura-kura makin pesimis bahwa dia tidak bisa keluar dari lubang tersebut. Dalam kondisi putus asa, kura-kura kemudian menyampaikan kepada hewan lain yang berusaha menolongnya bahwa ia sudah pasrah dan tidak usah ditolong lagi karena sepertinya usaha yang dilakukan akan sia-sia. Kura-kura sudah siap mati di lubang tersebut. Kura-kura kemudian memasukan kepala dalam tempurungnya sambil terlihat sedih yang begitu mendalam. Dalam keheningan malam tersebut tiba-tiba terdengar bunyi gemuruh dan tanah di sekitar lubang dimana kura-kura berada bergetar dengan kuat. Suara roda traktor besar itu sudah sangat dikenal oleh kura-kura dan binatang lainnya. Mendengar bunyi gemuruh roda traktor tersebut hewan lain yang menunggu kura-kura di atas lubang langsung melompat menyelamatkan diri dan kura-kura yang tadinya sudah sangat lemah dan begitu pasrah tiba-tiba melompat sekuat tenaga dan ia terkaget kaget bisa keluar dari luang tersebut. Demikian juga binatang lain terkaget kaget dan bertanya bagaimana kura-kura bisa melompat keluar dari lubang. Menjawab pertanyaan hewan lain, kura-kura berkata ”memang awalnya saya tidak bisa, namun saya HARUS bisa”.

Nah, apa yang dialami kura-kura dalam cerita di atas sebenarnya banyak terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Terkadang kita merasa tidak bisa karena tidak pernah melakukan hal-hal diluar sudut pandang yang kita anut. Sudut pandang kita terkadang begitu sempit hingga kita terkungkung dengan pengalaman masa lalu dan kebiasaan yang sudah berjalan. Terkadang kita harus dipaksa untuk bisa melakukan sesuatu padahal seharusnya kita memang bisa. Jika demikian maka sebenarnya kita sedang dikendalikan oleh pikiran kita, buka kita yang mengendalikan pikiran. Padahal jika kita bisa mengendalikan pikiran maka sebenarnya begitu besar potensi dan kemampuan yang kita miliki, begitu banyak solusi yag bisa kita lakukan untuk menyelesaikan masalaah. Jika pikiran yang mengendalikan kita maka seringkali masalah terlihat begitu besar. Namun jika kita bisa mengendalikan pikiran maka masalah itu sebenarnya begitu kecil dan pasti ada solusi untuk menyelesaikannya.


Untuk menguji sejauh mana sudut pandang yang ada pada pikiran kita, mari kita coba test dengan permaian kecil dengan menggunakan sembilan (9) titik sebagaimana gambar disamping. Pada gambar tersebut terdapat sembilan titik yang disusun membentuk bujur sangkar. Dengan menggunakan alat tulis, hubungkan kesembilan titik tersebut dengan 4 garis lurus tanpa putus dan tanpa mengangkat alat tulisnya. Solusi atas permainan kecil ini akan disampaikan pada posting artikel berikutnya.

 

Follow me on twitter @aguspri78


Reference : Life is Choice, Parlindungan Marpaung.


3 comments:

  1. ditunggu postingan selanjutnya....

    ReplyDelete
  2. Maaf ya menuggu agak lama, mudah-mudahan dalam minggu ini ya. Thanks

    ReplyDelete
  3. Sangat memberikan pencerahan..thank you..pak gus..

    ReplyDelete

dream, keep it alive, passion will take you there

“ Setiap orang berhak sukses, setiap orang berhak bahagia. Perjalanan menuju sukes dan bahagia dimulai dari mimpi / cita - cita masing-masing. Jika kita memilih untuk menempuh perjalanan tersebut seperti aliran air maka kita hanya akan sampai pada comberan, sungai, danau, laut atau tempat-tempat lain yang lebih rendah. Namun jika kita menetapkan tujuan hidup (mimpi/cita-cita) dengan jelas maka kita bisa menetapkan jalan mana yang akan kita tempuh agar perjalanan menuju sukses dapat tercapai dengan lebih cepat, lebih baik dan lebih bermakna dengan penuh gairah“.